Home / indonesia / Ambil Bagian Hasil Korupsi

Ambil Bagian Hasil Korupsi

Posisi wanita dalam keluarga sangatlah penting dalam mewariskan norma – norma kejujuran serta antikorupsi. Peranan ini mesti semakin diperkuat mengingat banyak perolehan studi yang membuktikan bahwa wanita belum sempurna untuk mengepakkan sayapnya mengenai nilai-nilai ini.

Basaria Panjaitan mengungkapkan bahwa badan penelitian serta pengembangan dalam KPK sempat melakukan penelitian mengenai pencegahan korupsi berdasarkan keluarga. Riset itu dilakukan melalui 201 keluarga peserta diantaranya terdiri dari ayah, ibu, serta anak di Yogyakarta beserta Solo di tahun 2012 sampai 2013. Hasil riset itu membuktikan bahwa baru empat persen ibu yang memberikan pelajaran nilai kejujuran dengan utuh pada anggota keluarga, umumnya pada anak mereka.

Mengajar ini merupakan penanaman kejujuran pada diri anak dalam kehidupan sehari-hari. Ibu ini adalah berperan sebagai sosok pusat nilai moral,” ungkap Basaria ketika membuka Pelatihan Fasilitator Gerakan. Hasil riset lainnya yang dilakukan juga membuktikan bahwa 39 persen wanita malah terdiam walaupun ada pada lingkungan yang berhubungan dengan korupsi. Kesimpulan lain membuktikan bahwa 26 persen wanita takut untuk memberitahukan tindakan korupsi pada pihak yang berwajib.

Riset yang digelar di Makassar serta Garut ini juga mengatakan bahwa hampir 1 persen wanita meminta bagian dari perlakuan tindakan korupsi,” ujar Basaria.

About admin