Home / indonesia / Asal Nama Karimunawa

Asal Nama Karimunawa

Karimunjawa adalah tempat wisata yang sekarang sedang naik daun dan banyak diminati oleh para pengunjung untuk berlibur. Pinggiran pantai yang dihiasi oleh pasir berwarna putih, lautan yang membiru, dan juga hiasan berbagai jenis terumbu karang terasa sangat menawan dan menjadikan banyak orang menunjuk tempat wisata tersebut sebagai tempat yang digunakan untuk menghabiskan liburan.

Sesungguhnya nama Karimunjawa tersebut memiliki cerita tersendiri dan tidak asal-asalan langsung ada. Terdapat suatu sejarah serta legenda yang mewarnai nama Karimunjawa yang hasilnya tercatat diseluruh dunia. Nama Karimunjawa itu sesungguhnya berasal dari kata-kata yang diucapkan oleh Sunan Kudus.

Pada sekitar abad ke-15 Sunan Kudus dimohon oleh Sultan Raden Patah buat melakukan pemimpinan jamaah haji yang akan menuju kota Mekah serta Madinah. Sebab itulah, Sunan Kudus dengan terpaksa meninggalkan Pesantren Kudus serta menitipkan pesantren itu pada putranya yang bernama Amir Hasan. Akan tetapi putranya melalaikan amanah yang diberikan oleh ayahnya kemudian diusir dari pesantren Kudus.

Lalu Amir Hasan ikut dengan Sunan Muria, dan Amir Hasan menemukan pulau yang ada di sebelah utara Pulau Jawa. Pulau tersebut diberi nama Legon Bajak. Sesudah berjumpa dengan pamannya yang bernama Datuk Dananjaya, Amir Hasan menyuruh dua rekannya buat memberikan berita tersebut kepada Sunan Muria, dan Sunan Muria memberikan nama pulau tersebut Karimunjawa.

About admin