Home / kesehatan / Bahaya Melahirkan Bayi Obesitas

Bahaya Melahirkan Bayi Obesitas

Perempuan yang melahirkan bayi dengan berat badan melebihi dari 4 kg, sebaiknya berhati – hati sebab berisiko mengalami penyakit diabetes. Lakukanlah perubahan pola hidup sehat serta cek lah kadar gula darah teratur. Berdasarkan penjelasan dr.Wismandari Wisnu ibu yang tengah hamil yang melahirkan bayi dengan berat badan yang berebihan memiliki karateristik yang serupa dengan penyebab risiko diabetes melitus, yaitu obesitas serta hipertensi.

Ibu yang bayinya memiliki berat bedan besar juga umumnya telah mengalami resistensi insulin. Saat hamil, beban insulin bakalan bertambah. Apabila sudah ada masalah, umumnya tak bisa membebaskan  beban itu,” ujar dr.Wisma pada media pengajaran yang dilaksanakan oleh RS Pondok Indah Jakarta.

Resistensi insulin dialami saat insulin yang dihasilkan oleh sel pankreas tak dapat bekerja maksimal sehingga gula darah tak dapat masuk ke dalam sel. Dampaknya gula darah bakal tetap berada di peredaran darah yang mengakibatkan apabila diukur kandungannya tinggi.

Resistensi insulin tidaklah menimbulkan gejala apa pun, namun demikian pada orang yang obesitas semestinya haruslah berhati – hati,” ungkap dr.Wisma. Ia memberika tambahan bahwa, pemeriksaan sensitivitas insulin dapat dijalani di laboratorium. “Kita bakalan diminta minum air gula 75 gram. Apabila kandungan gula darahnya normal, dipancing maupun tidak menggunakan air gula itu tak bakal menjadi tinggi,” tambahnya.

About admin