Home / Berita Bola / Cristiano Ronaldo Di Larang Bela Timnas Beberapa Laga

Cristiano Ronaldo Di Larang Bela Timnas Beberapa Laga

Cristiano Ronaldo Di Larang Bela Timnas Beberapa Laga – Terhembus berita Cristiano Ronaldo sekarang terancam ancaman FIFA, sebagai buntut dari tindakan protesnya selesai wasit tidak menetapkan gol yang dia bikin ke gawang Serbia.

Menurut Corriere dello Sport, yang diambil Metro, kekuatan ancaman dari FIFA itu bisa membuat Cristiano Ronaldo terserang larangan bermain untuk tim nasional Portugal di beberapa laga kwalifikasi Piala Dunia yang selanjutnya.

Kekuatan ancaman tersebut disebutkan mengarah pada Pasal 11 dalam Ketentuan Kedisplinan FIFA berkenaan ‘Perilaku ofensif atau pelanggaran beberapa prinsip fair play’.

Liga dan club, beberapa pemain, official, beberapa anggota atau pribadi yang yang jalankan peranan atas nama mereka, harus patuhi Laws of the Games, Statuta FIFA dan ketentuan, instruksi, dasar, surat selebaran dan keputusan dari FIFA; demikian juga mereka harus patuhi beberapa prinsip fair play, kesetiaan, dan kredibilitas.”

Perlakuan Cristiano Ronaldo lakukan protes keras ke wasit, yang berbuntut kartu kuning, terhitung menghempas ban kapten saat akan tinggalkan lapangan saat sebelum pertandingan usai, dipandang penuhi persyaratan kekuatan ancaman dalam pelanggaran pasal FIFA itu.

Kejadian protes Cristiano Ronaldo ke wasit sendiri terjadi saat Portugal sama 2-2 musuh Serbia di pertandingan kwalifikasi Piala Dunia. Ronaldo mengoper bola melalui garis gawang di injury time menjelang pertandingan usai, dengan Aleksandar Mitrovic berusaha sapu sang kulit bulat, tetapi wasit tidak menganggap sebagai gol.

Waktu itu Cristiano Ronaldo lakukan protes ke wasit Danny Makkelie yang pimpin laga. Karena protes itu CR7 bisa acungan kartu kuning dari sang pengadil lapangan.

Laga itu berjalan tanpa VAR atau tehnologi garis gawang. Dalam kata lain, semua keputusan diambil berdasar penilaian wasit dan hakim garis di lapangan permainan.

Sehabis pertandingan, Fernando Santos sebagai pelatih Portugal ungkap jika wasit Danny Makkelie telah mohon maaf karena tidak menetapkan gol Cristiano Ronaldo ke gawang Serbia.

“Benar-benar sulit diolah jika dalam sebuah gelaran sebesar ini, karena kami mengincar Piala Dunia, tidak ada VAR atau tehnologi garis gawang. Bahkan juga ini sebagai salah satu perihal yang dia (wasit) ucapkan ke saya di atas lapangan, jika tidak ada tehnologi garis gawang, walau sebenarnya itu sangat penting. Selanjutnya dia meminta maaf ke saya.”

Dalam peluang berlainan, wasit Danny Makkelie memverifikasi keinginan maaf dari dianya. Dia juga akui telah usaha sebaik-baiknya pimpin laga, dengan keterbatasan-keterbatasan yang ada.

“Mengarah pada ketentuan FIFA yang dapat saya ucapkan ialah saya mohon maaf ke pelatih tim nasional Portugal, Fernando Santos, dan tim Portugal pada sesuatu yang terjadi. Saya sebagai wasit selalu berusaha keras untuk bikin keputusan yang terbaik,” kata Makkelie ke A Bola diambil dari Football Italia.

Hal tersebut tidak mengganti bukti jika Portugal harus ikhlas bermain seri 2-2 musuh Serbia hingga bisa satu point tambahan saja. Sekarang ini Serbia dan Portugal pimpin klassemen Group A dalam kwalifikasi Piala Dunia, sama dengan 4 point.

About penulis77