Home / Uncategorized / Denny JA Bicarakan Tentang Kekurangan Partai PAN Dan Amien Rais

Denny JA Bicarakan Tentang Kekurangan Partai PAN Dan Amien Rais

Denny JA Bicarakan Tentang Kekurangan Partai PAN Dan Amien Rais – Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Drajad Wibowo menyanggah hasil survey Lingkaran Survey Indonesia (LSI) Denny JA yang menyebutkan dampak serta pamor Amien Rais sudah turun serta tidak dapat mengangkat kepopuleran partai.

“Masalah Pak Amien, kader serta simpatisan PAN tempatkan beliau pada tempat yang spesial, walau tidak jadi ketum [ketua umum],” kata Drajad pada CNNIndonesia.com, Rabu (9/1).

Dengan begitu, kata Drajad, serangan yang diperuntukkan pada Amien, yang disebut Ketua Dewan Kehormatan PAN itu, akan tidak berefek apa pun, diantaranya ialah surat dari lima pendiri.

“Jadi apa pun tembakan dari pihak lainnya, ya tidak ngaruh. Surat lima pendiri itupun dapat dibuktikan cuma pepesan kosong, tidak ngaruh pun,” katanya.

Diluar itu, tentang kepopuleran partainya tiap-tiap pemilu, Drajad menjelaskan sebagian besar instansi survey, termasuk juga LSI Denny JA, tempatkan PAN pada angka seputar 1,5-2 %.

“Mendekati Pemilu 2014 ada yg menyebutkan PAN seputar 2,5-3 %,” tutur Drajad.

Faktanya, lanjut Drajad, PAN malah konstan mendapatkan nada seputar 6,5-7 % tiap-tiap pemilu. Hingga, instansi survey, menurutnya, sering meleset serta salah.

“PAN memiliki survey sendiri, dikerjakan oleh instansi yang popularitasnya tinggi. Surveinya per dapil. Itu sebagai basis informasi kami,” katanya.

Sekarang ini, Drajad menjelaskan PAN lebih konsentrasi untuk mengamankan kursi di dapil marjinal. Karena, sampai kini Drajad memandang ada banyak kursi PAN ada pada posisi kursi paling akhir atau ke-2 paling akhir di dapil itu.

“Dengan skema perhitungan kursi yang baru, PAN punya potensi begitu dirugikan. Itu lebih jadi perhatian kita dibanding hasil survey siapa saja pun, terkecuali instansi yang kita meminta menolong barusan,” katanya.

Awal mulanya, LSI Denny JA menyebutkan Amien Rais menjadi tokoh serta Ketua Dewan Kehormatan di PAN sudah alami penurunan. Partai itu juga dipandang mesti mencari pendongkrak lainnya yang bisa meningkatkan kepopuleran partai untuk Penentuan Legislatif 2019.

“Dari PAN walau juga pamor Amien Rais relatif redup tapi masih tetap ada figur-figur lainnya yang dapat ditampilkan yang dapat meningkatkan pendongkrak untuk lolos (dari batas bawah minimum parlemen),” tutur periset LSI Denny JA, Ardian Sopa di kantor LSI, Jakarta Timur, Selasa (8/1).

Dari survey LSI Denny JA yang dikerjakan saat lima bulan beruntun, nada yang didapat PAN masih tetap ada dibawah PKS serta PPP. Pada Agustus PAN mendapatkan nada 1,4 %, pada September sekitar 1,5 %, Oktober mendapatkan 1,9 %, November memperoleh 1,6 % serta Desember cuma memperoleh 1,8 %.

About admin