Home / kesehatan / Faktor Pemicu Posisi Janin Yang Tidak Normal

Faktor Pemicu Posisi Janin Yang Tidak Normal

Faktor Pemicu Posisi Janin Yang Tidak Normal – Bagi kebanyakan atau sebagian besar ibu hamil tentu menginginkan proses persalinan secara normal, namun meskipun demikian banyak faktor yang menyebabkan proses persalinan tidak bisa dilakukan secara normal.

Misalnya seperti posisi janin yang tidak normal dan tidak memungkinkan bagi sang ibu untuk melakukan proses persalinan secara normal. Posisi janin yang dimaksud seperti posisi bayi melintang dan sungsang.

Menurut Dr.Arief Gazali, SpOG dari rumah sakit Metropolitan Medical Centre Jakarta, ada 3 faktor penyebab posisi janin yang tidak normal, yaitu faktor dari sang ibu, faktor ari-ari atau plasenta, dan faktor janin itu sendiri.

  1. Dari faktor sang ibu, kemungkinan ibu hamil yang sudah pernah melahirkan tetapi belum sempurna atau peregangan otot dinding perut.
  2. Faktor ari- ari atau biasa disebt dengan istilah plasenta previa, yaitu dimana posisi ari – ari atau plasenta menutupi jalan lahir sehingga bayi mencari tempat yang lebih luas untuk bergerak.
  3. Faktor janin itu sendiri bisa disebabkan oleh malpresentasi.yaitu ukuran janin yang relatif lebih kecil daripada rahim sehingga janin bisa bergerak bebas di dalam rahim ibu ataupun sebaliknya. Ukuran janin yang lebih besar dari rahim ibu padahal posisi kepala bayi masi berada disamping atau belum normal.

About admin