Home / indonesia / Gempa 7,8 SR Guncang Mentawai

Gempa 7,8 SR Guncang Mentawai

Gempa 7,8 SR Guncang Mentawai – Karena Indonesia merupakan salah satu negara yang rawan terjadinya gempa, lagi – lagi wilayah di Indonesia diguncang oleh gempa bumi. Gempa dengan kekuatan dahsyat dan disertai tsunami pernah melanda Indonesia, salah satunya saat terjadi tsunami tahun 2004 di Aceh.

Kemarin, Rabu 2 Maret 2016 sekitar pukul 19.49 WIB, telah terjadi gempa yang dahsyat di kedalaman 10 km. Pusat terjadinya gempa ada di sekitar 636 km Barat Daya Kepulauan Mentawai. Kekuatan gempa tersebut menunjukkan angka7,8 Skala Richter. Kabar mengenai terjadinya gempa ini diketahui dari badan yang berwenang yakni Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Melihat besarnya kekuatan gempa, BMKG menghimbau para warga untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya tsunami. BMKG sampai saat ini masih memantau dan terus mengupdate timeline dengan detil pusat gempa serta kota – kota yang terkena dampak gempa. Salah satu stasiun  televisi swasta memberitakan mengenai keadaan Kota Padang, Kota Padang merupakan kota terdekat dengan pusat terjadinya gempa.

Dalam pelaporannya, reporter menyebutkan bahwa beberapa daerah tengah gelap gulita karena listriknya padam. Berita mengenai gempa di Mentawai, Sumatra Barat membuat para netizen heboh, resah, dan khawatir. Kehebohan dan kekhawatiran ini terlihat dari beberapa hashtag di social media twitter, seperti #PrayForSumbar. Semoga kekhawatiran mengenai terjadinya tsunami tidak akan terjadi.

About admin