Home / kesehatan / Jagalah Kesehatan Gigi

Jagalah Kesehatan Gigi

Jagalah Kesehatan Gigi – Jangan menganggap sepele kesehatan gigi serta mulut. Adanya masalah pada gigi dan mulut, ternyata dapat menyebar pada organ tubuh lain. Dokter spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit Mayapada, Mangatas Manalu menjelaskan, adanya kasus penyakit endokarditis infektif atau radang lapisan dalam jantung, dikarenakan oleh infeksi bakteriStreptococcus viridans.

Usai ditelusuri, kesehatan gigi dan mulut pasien endokarfitis tersebut ternyata bermasalah serta terinfeksi Streptococcus viridans. Didiagnosis, infeksi tersebut berawal dari gigi dan mulut, lalu menginfeksi organ tubuh lain.

Contohnya ada karies gigi (gigi berlubang), lapisan gigi tergerus ke bagian sangat dalam, hingga ke dentin. Lalu sampai ke pulpa, di bawahnya itu ada pembuluh darah serta aliran limfa. Nah, bakteri di gigi itu dapat masuk ke pembuluh darah, jelas Mangatas saat jumpa pers tentang World Oral Health Day di Jakarta).

Mangatas menerangkan, bakteri dari gigi dan mulut dapat menyebar ke organ lain melalui pembuluh darah, tenggorokan, sampai aliran limfa. Kasus lainnya, terjadi radang selaput otak ataupun disebut menigitis. Ketika diperiksa rongga mulut dan darah ternyata mempunyai kesamaan adanya bakteri Streptococcus viridans. Mangatas juga mengatakan adanya laporan kasus di daerah Manado yang bermula dari infeksi bakteri Streptococcus beta hemolyticus di gigi serta mulut.

About admin