Home / internasional / Jet-jet Tempur Inggris Menjaga Pesawat Air India Yang Terancam Bom

Jet-jet Tempur Inggris Menjaga Pesawat Air India Yang Terancam Bom

Jet-jet Tempur Inggris Menjaga Pesawat Air India Yang Terancam Bom – Satu pesawat penumpang maskapai Air India yang terbang ke Amerika Serikat (AS) sangat terpaksa datang genting di London, Inggris karena intimidasi bom. Pesawat harus dikawal beberapa jet tempur Inggris sebelum lakukan pendaratan.

Maskapai Air India dalam pengakuannya, seperti dikutip Reuters, Kamis (27/6/2019), mengatakan jika pesawat dengan dengan nomer penerbangan AI 191 yang terbang dari Mumbai, India ke arah Newark, AS, ini sangat terpaksa datang genting di Lapangan terbang Stansted, London.

“Karena intimidasi bom,” demikian pengakuan maskapai Air India.

Angkatan Udara Inggris mengerahkan beberapa jet tempur Typhoon dengan kecepatan supersonik untuk mencegat pesawat type Boeing 777-337 itu.

Jet-jet tempur Inggris menjaga pesawat Air India itu sampai datang dengan selamat di Lapangan terbang Stansted. Landasan di Lapangan terbang Stansted sudah sempat ditutup sesaat waktu pendaratan genting dikerjakan. Sesudah datang, pesawat Air India itu ditempatkan ke tempat terisolasi dengan dikawal kepolisian.

“Satu pesawat Boeing 777 punya Air India diarahkan ke Lapangan terbang Stansted London seputar jam 10.15 waktu ditempat serta datang dengan selamat dengan kedatangan Kepolisian Essex,” ucap faksi Lapangan terbang Stansted dalam pengakuannya.

“Pesawat itu diparkir di ruang terisolasi yang jauh dari operasional lapangan terbang normal,” tambah pengakuan itu.

“Landasan kami sekarang sudah dibuka kembali serta bekerja penuh mengejar pendaratan genting pesawat Air India,” demikian dikatakan Lapangan terbang Stansted.

Kepolisian Inggris dalam pengakuannya memperjelas faksinya tengah menyelidik kejadian ini.

Dalam pengakuan terpisah, jubir maskapai Air India mengatakan jika hasil kontrol keamanan pada pesawat selesai datang genting di London tidak berbuntut penemuan bom. Ia memperjelas jika intimidasi bom itu ialah hoaks.

Pesawat diadukan masih berada di Lapangan terbang Stansted sesudah kontrol keamanan usai dikerjakan serta tidak diketemukan terdapatnya permasalahan.

About penulis77