Home / Berita Umum / Karhutla Pulau Kalimantan

Karhutla Pulau Kalimantan

Satelit Modis mensinyalir kurang lebihnya 159 titik panas, di Kalimantan Barat, Sabtu. Kabut asap kembali menyelimuti beberapa bagian daerah Kalimantan Barat, pada tengah usaha memadamkan hutan yang terbakar serta lahan (Karhutla) yang dilaksanakan oleh gabungan beberapa petugas.

BMKG mendeteksi terdapat beberapa titik tersebarnya titik panas. Penyebaran titik panas tersebut, disinyalir terdapat pada kabupaten Ketapang, kabupaten Kapuas Hulu, kabupaten Bengkayang, kabupaten Landak, kabupaten Melawi, kabupaten Sambas, kabupaten Sanggau, kabupaten Sekadau, kabupaten Sintang serta kabupaten Kubu Raya.

Petugas yang memadamkan titik panas merupakan tim yang tergabung dari pihak TNI serta Polri, yang didukung oleh pihak swasta, Manggala Agni serta penduduk sekitar, dengan membagi tugas menuju beberapa lokasi, melaksanakan pemadaman sampai dengan hari kemarin. Panasnya sinar matahari, tiupan angin yang sangat besar, beserta dengan sumber api yang bebrapa bagiannya terdapat pada titik lahan gambut, merupakan hambatan yang mengganggu tim pemadam kebakaran.

Ditambah dengan gumpalan asap pada kawasan itu menjadikan mata terasa perih serta memiliki resiko buat munculnya gangguan pernapasan. Malahan, 3 hari kemarin, titik api yang membakar lahan, tidak sungguh-sungguh mampu dijinakkan oleh petugas. Pada kecamatan Pontianak utara, juga terkena kebakaran lahan gambut, semenjak siang sampai dengan sore kemarin. Sekitarnya ada 5 hektare lahan yang diserang oleh kobaran api.

About admin