Home / Berita Umum / Lelah Bikin Susah Tidur

Lelah Bikin Susah Tidur

Lelah Bikin Susah Tidur – Kita tidur tiap hari dan kegiatan itu telah kita lakukan sepanjang hidup. Meskipun demikian, tak semua orang tahu bagaimana mendapatkan tidur yang terbaik. Pada Hari Kesehatan Tidur Sedunia Tahun 2016 tema yang diunggah adalah Good Sleep is a Reachable Dream (Tidur yang Baik, Sebuah Mimpi yang dapat Diperoleh). Manfaatnya adalah mengampanyekan pentingnya tidur untuk kesehatan.

Meskipun terlihat sepele, ternyata tidur merupakan sebuah sains dan ada beberapa faktor (biologi, kimiawi, emosional, fisik, serta gaya hidup) yang memengaruhi kualitas serta kuantitas tidur. Damiana Corca yakni seorang ahli akupuntur spesialis tidur memberikan banyak tips dan pengetahuan seputar tidur yang harus kita ketahui.

1. Semakin lelah tubuh, semakin sulit kita tidur. Ini penyebabnya mengapa tidur siang sejenak atau berbaring setengah jam di siang hari dapat membantu mengatasi insomnia.

2. Insomnia dapat dipengaruhi oleh fluktuasi hormonal yang berhubungan dengan siklus menstruasi. Ketahuilah pola tidur dan siklus haid bisa membantu kita melacak perubahan hormonal yang tengah terjadi.

3. Bangun tidur lebih awal ketimbang kebanyakan orang, bahkan satu atau dua jam adalah tanda stres, kecemasan, bahkan depresi. Coba untuk melakukan meditasi serta rileksasi. Perubahan yang dirasakan mungkin bertahap, namun demikian peningkatan kualitas yang dirasakan semakin lama makin baik.

About admin