Home / Berita Umum / Ngabalin Wawasan Jadi Otoritas Penuh Dari Jokowi

Ngabalin Wawasan Jadi Otoritas Penuh Dari Jokowi

Ngabalin Wawasan Jadi Otoritas Penuh Dari Jokowi  РWawasan kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan di isi oleh generasi muda atau kelompok milenial muncul selesai pertemuan Jokowi dengan team TKN. Pihak Istana menjelaskan wawasan itu jadi usaha Jokowi untuk lakukan pergantian dalam menyiapkan generasi muda.

“Kita mengharap legacy itu jadi penting, itu dapat jadi sisi dibanding beberapa langkah beliau untuk menyiapkan generasi muda,” tutur Staf Pakar Kedeputian IV Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Ali Mochtar Ngabalin waktu dihubungi, Senin (13/5/2019).

Menurut Ngabalin wawasan itu jadi otoritas penuh dari Jokowi. Ketentuan akan disediakan berkaitan kabinet di isi milenial.

“Itu namanya wawasan, tetapi semua kewenangan serta otoritas itu ada di Bapak Presiden, beliau yang lebih tahu serta beliau yang tentu lebih menimbang. Jika ini hari generasi milenial itu lalu jadi seksi ya namanya wawasan, tetapi kewenangan itu ada di hak perogratif presiden,” tuturnya.

“Ya tentu ada ketentuannya yang tentu beliau sediakan. Tetapi pasti harus yang dapat penuhi ketentuan-ketentuan hukum serta perundang-undangan, kemampuan, potensi cendekiawan, dapat untuk serta atas nama presiden jadi pembantu, dapat kerja secara baik, dapat melayani warga dan sebagainya,” paparnya.

Rumor masalah menteri berumur muda di Kabinet Jokowi sudah sempat disampaikan Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf, Johnny G Plate. Dalam pertemuan di Menteng lalu itu, dia menyebutkan ada bahasan masalah pergantian kepemimpinan beberapa menteri atau calon menteri dari beberapa tokoh muda.

“Dibahas bagaimana pergantian kepemimpinan beberapa menteri atau calon menteri yang masih segar-segar, beberapa tokoh muda untuk menyertakan ke dalamnya. Tetapi kami tidak ngomong masalah bagi-bagi kekuasaan,” kata Johnny.

Walau demikian, Johnny menyebutkan belumlah ada calon nama menteri-menteri milenial yang dijelaskan Jokowi. Konsolidasi Jokowi dimaksud menyerahkan seutuhnya pada Jokowi tentang siapapun yang akan isi kabinet di periode ke-2 kelak.

“Nama anggota kabinet belum dibahas dengan detil. Deskripsi umum saja. Konsolidasi TKN menggenggam prinsip ‘presidential Prerogative rights’ dalam skema presidensial yang kita anuti. Semoga ada menteri dari kelompok muda,” sebut Johnny, terpisah.

About admin