Home / Berita Nasional / Penemuan Lumbung Emas

Penemuan Lumbung Emas

Salah satu riset galaksi membuka satu demi satu pertanyaan manusia tentang alam semesta serta isinya. Sekitar enam dekade, beberapa peneliti bertanya-tanya serta berupaya mencari – cari jawaban mengenai asal – usul logam mulia contohnya saja emas, perak serta platinum.

Sekarang ini, penelitian di galaksi kerdil yang diberi nama Recticulum II memiliki jawaban. Riset terbaru mengatakan bahwa galaksi yang memiliki jarak 98,000 tahun cahaya dari Bumi ini menjadi lumbung emas, perak, serta platinum. Unsur-unsur itu pada astrofisika dinamakna unsur r-process.

Mengetahui pembentukan unsur r-process merupakan salah satu masalah yang paling sulit yang dilakoni para fisikawan nuklir,” ujar Professor Anna Frebel pada hari Senin kemarin. Produksi unsur – unsur berat ini memerlukan energi yang amat banyak sehingga tidak mungkin menjadikannya dengan eksperimental. Tidak mungkin menjadikannya menjadi Bumi. Jadi, kami mesti memakai bintang serta obyek pada kosmos yang merupakan lab kita,” tambahnya.

Galaksi Reticulum II yang kini ditemukan tahun lalu adalah salah satu galaksi kecil yang mengorbit pada galaksi Bima Sakti. Kandungan unsur yang bernilai pada galaksi itu diketahui melalui observasi dengan teleskop Magellan pada Las Campanas Observatory di Chile.

About admin