Home / unik / Rasa Bahagia Bisa Menular

Rasa Bahagia Bisa Menular

Sebuah Studi yang sudah dilakukan penerbitan oleh jurnal Psychological Science mendapatkan temuan kalau rasa bahagia bisa merangsang penghasilan perubahan kimia pada air keringat. “Keringat manusia yang diproduksi saat anda sedang merasakan bisa melakukan penularan pada orang lain yang ikut mencium aroma itu,” ucap Gun Semin, salah satu profesor riset psikologi pada Instituto Superior de Psicologia Aplicada di Portugal.

Pada studi itu, peneliti melakukan pengumpulan contoh keringat yang berasal dari 12 laki-laki remaja. Seluruh laki-laki tersebut dalam keadaan sehat, tidak memakai narkoba, serta bukan termasuk seorang penghisap rokok. Peserta studi pun tak memakan makanan yang memiliki bau tajam maupun ikut serta pada kegiatan seksual saat menjalani proses penelitian.

Kelompok peneliti pun mengikut sertakan 36 perempuan remaja buat menghirup satu per satu sampel keringat, serta respon yang muncul selalu dilakukan pemantauan. Para peneliti menerangkan kalau pihaknya menunjuk perempuan buat menghirup bau sampel keringat sebab perempuan pada umumnya mempunyai kemampuan penciuman yang sangat bagus ketimbang laki-laki serta sangat responsive dengan adanya pertanda emosional.

Kelompok tersebut pun melakukan analisa mimik wajah dari satu per satu kelompok buat menyimpulkan sinkronisasi perilaku yang berlangsung pada keadaan emosional manusia, keringat serta reaksi orang yang menghirup sampel keringat. Pada studi tersebut, para perempuan yang mendapatkan sampel keringat bahagia memiliki kegiatan otot wajah yang berhubungan dengan rasa bahagia.

About admin