Home / Berita Umum / Tak Baik Nyalakan Lampu Saat Tidur

Tak Baik Nyalakan Lampu Saat Tidur

Tak Baik Nyalakan Lampu Saat Tidur –¬†Untuk mengeksplorasi hubungan antara cahaya lampu dan obesitas, peneliti dari University of Haifa menganalisis cahaya malam hari di seluruh dunia melalui satelit militer AS serta menggabungkannya dengan data obesitas oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Peneliti kemudian menemukan hubungan antara cahaya lampu pada malam hari dengan penambahan berat badan yang berlebihan pada pria serta wanita. Sebab adanya cahaya lampu pada malam hari, terutama ketika mendekati waktu tidur, kita menjadi sering makan di waktu yang salah, adalah saat proses metabolisme melambat pada malam hari.

Walaupun begitu, penelitian ini tak membuktikan jika cahaya lampu secara langsung menyebabkan obesitas, dan para ilmuwan belum dapat memastikan apakah lampu atau cahaya dari gadget seperti tablet dan televisi juga memengaruhi sebagian penambahan berat badan seseorang.

Cuma saja, sangat mungkin apabila kehadiran lampu terang berkontribusi terhadap obesitas sebab menekan produksi melatonin, hormon yang membantu mengatur waktu tidur.Kehadiran lampu ketika malam juga bisa berkontribusi sebagai jet lag sosial, atau gangguan ritme alami tubuh yang terjadi saat seseorang tidur serta bangun pada jam yang berbanding terbalik dengan jam biologis internal.

About admin