Home / Berita Umum / Para Petani Senang Dapat Sertifikat Gratis Tambah Kekayaan

Para Petani Senang Dapat Sertifikat Gratis Tambah Kekayaan

Para Petani Senang Dapat Sertifikat Gratis Tambah Kekayaan – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagi-bagikan sertifikat tanah gratis ke rakyat. Efeknya saat ini begitu dirasa orang-orang. Sertifikat itu dapat tingkatkan usaha mereka hingga jadi lebih sejahtera. Kok dapat?

Seperti yang diutarakan oleh sebagian petani di Kelurahan Lalombaa, Kecamatan Kolaka, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) . Ketua Paduan Grup Tani Kakao Sejahtera Lalombaa, Alimuddin menyebutkan dengan terdapatnya program sertifikat gratis itu menolong tingkatkan tingkat hidup untuk petani cokelat.

” Kami dibantu oleh Tubuh Pertanahan Nasional (BPN) untuk sertifikat gratis kami. Th. 2017 kami diuruskan serta memperoleh 300 tanah yang sudah dipetak-petak, namun ukurannya itu tidak sama, ” kata Alimuddin pada detikcom di lokasi kebunnya, Senin (9/4/2018) .

Lewat sertifikat gratis yang didapat itu, beberapa petani cokelat memperoleh pertolongan modal untuk tingkatkan produksi pertanian mereka.

” Jumlah petani kita untuk Lalombaa terdaftar ada 350 orang yang masuk dalam 10 grup tani. Semuanya yang sudah mempunyai sertifikat juga sudah memakainya, ” ujap Alimuddin.

Salah seseorang petani cokelat dari Kelurahan Lalombaa, Akbar Toli, menyebutkan produksinya alami penambahan pendapatan yang diperoleh dari sertifikat gratis yang didapatkan pemerintah menaikkan produksi. Sebabm sertifikat itu dijadikannya jadi jaminan di bank untuk memperoleh penambahan modal.

” Selalu jelas, sebelumnya memperoleh penambahan modal saya terasa cukup kesusahan karna kami terhalang untuk beli pupuk. Sesudah ada sertifikat, saya kemukakan serta memperoleh pertolongan KUR sejumlah Rp 20 juta. Saya juga tidak dipersulit karna pemerintah begitu menolong, ” kata Akbar.

Terkecuali untuk beli pupuk, beberapa dana utang yang diperolehnya itu dibelikan sepeda motor sisa. Motor sisa itu dipergunakannya jadi transportasi dari tempat tinggal ke kebun cokelat kepunyaannya. Hasil dari produksi cokelat itu dia mengaku dapat penuhi keperluan sekolah anak-anaknya, juga penuhi keperluan keseharian rumah tangga.

Rasa sukur sudah pasti tidak henti disampaikan oleh Akbar serta beberapa petani cokelat di daerah Lalombaa. Karna, menurut Akbar petani sekalipun tidak mempunyai jaminan apa-apa bila menginginkan menaikkan modal usahanya.

” Bila PNS, mungkin saja ada upah yang diinginkan serta dapat digadai di bank, tapi bila kami petani ini tentu tidak mempunyai apa-apa yang dapat ditanggungkan. Tapi dengan terdapatnya sertifikat ini jadi pihak perbankan telah meyakini kami, ” katanya.

Dikatakannya, kalau tak ada program berbentuk sertifikat gratis dari pemerintah, jadi ia tidak sempat punya mimpi mempunyai sertifikat tanah.

” Tidak diurus sampai kini sertifikat karna saya terhalang di dana, saya tidak miliki uang untuk mengurusi sertifikat. Untung ada program dari pemerintah berbentuk pemberian sertifikat gratis, ” tuturnya.

Ia juga masih tetap mengharapkan pada pemerintah supaya selalu lakukan pemberian sertifikat gratis untuk petani serta orang-orang yang memerlukan supaya dapat tingkatkan tingkat hidupnya jadi lebih sejahtera.

About admin